Jumat, 18 Februari 2011

PENGOLAHAN EMAS SEMAKIN MERUSAK LINGKUNGAN


Semakin menjamur dan bertambahnya tong dan gelondong emas membuat lingkungan tercemar. Akibat pengetongan dan penggelondongan Emas di desa murbaya yang jumlahnya puluhan khususnya yang dilakukan warga di pinggir jalan bertais menuju dasan baru desa Murbaya membuat jalan dan lingkungan sekitar tercemar dan menjadi licin, akibat lumpur yang mengalir kejalan dan menggenangi badan jalan menyebabkan masyarakat yang melewati jalan tersebut harus berhati hati kalau tidak mau terpeleset dan tergelincir.

Tong dan gelondong emas merusak lingkungan dan mengkhawatirkan masyarakat sekitar. Dampak negatip dari penambangan Emas ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat yang tinggal disekitar lokasi penambangan,namun juga dirasakan oleh masyarakat yang berada disekitar gelondong dan tong emas. Masyarakat yang memiliki sawah atau tanah yang berdekatan dengan gelondong dan tong emas tersebut mulai khawatir soalnya tanaman yang mereka tanam sudah mulai menguning yang lambat laun akan menyebabkan matinya tumbuhan dan tanaman mereka, seperti lahan yang berada di sebelah timur ponpes Nurul Hikmah, pohon albasiah yang berjumlah ratusan ini sudah mulai agak menguning da nada juga yang mati karena limbah pengolahan emas tersebut.

Kekhawatiran lain juga rasakan oleh masyarakat, yakni kehawatiran mereka untuk memakan tanaman, buah buahan maupun hasil bumi mereka lainnya yang ada disekitar pengolahan lumpur emas karena tumbuhan yang hidup disekitarnya menyerap sumber makanan dari tanah yang telah bercampur dengan zat zat kimia yang berbahaya bagi manusia sehingga secara otomatis masyarakat juga memakan cairan berbahaya tersebut yang bisa menyebabkan penyakit, ungkap salah seorang warga.

Zat berbahaya yang dipergunakan dalam pengolahan emas tersebut juga dapat menimbulkan penyakit kulit bagi masyarakat yang tinggal disekitar lokasi itu, penyakit itu bisa datang dari air yang mereka pergunakan untuk kebutuhan sehari hari, karena air tersebut sudah bercampur dengan zat kimia yang berbahaya dan dapat merusak kulit.

Kekhawatiran masyarakat tentang dampak negatip dari penambangan dan pengolahan emas seperti diatas sangatlah beralasan dikarenakan sampai saat ini belum ada pihak dari pemerintah yang datang guna menrtibkan penagolahan emas ini serta memberikan penyuluhan tentang bahaya dan cara penanggulangan atau solusi mengatasi dampak negatip dari pengolahan Emas . sehingga kekhawatiran tentang dampak negatip tersebut terus menghantui masyarakat sekitar.

Melihat kenyataan tersebut pemerintah semestinya turun ke lapangan guna menertibkan pengolahan emas dalam bentuk pengetongan atau penggelondongan yang hanya menguntungkan sesaat namun merugikan anak cucu dimasa mendatang serta merusak lingkungan sehinggalingkungan tetap terjaga serta tidak merugikan masyarakat banyak. Selain itu juga masyarakat berharap pemerintah memberikan masyarakat pengetahuan tentang dampak negatip dan cara penanggulangan dampak negatip daripengolahan emas yang ada di hampir seluruh dusun, khususnya desa murbaya.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Komentar

SUPPORTING SITES

 

Popular Posts

Popular Posts this month

Popular Posts this week