Kamis, 17 Mei 2012

HARGA PADI MASLAH PETANI


Padi merupakan tanaman musiman yang selalu menjadi masalah petani pada saat penjualan hasil pertanian, dimana harga jual padi basah sangat rendah pada musim panen dan bahkan nilai jual tidak seimbang dengan biaya produksi.


Harga merupakan masalah utama bagi petani yang dimana nilai jual dari hasil pertaniannya sangat rendah padahal pada dasarnya petani merupakan pahlawan negara yang mampu membantu pemerintah untuk memenuhi kebutuhan beras.

Namun pada kenyataannya pengghargaan kepada petani yang telah berjuang dalam memenuhi kekurangan bahan makanan tidak ada dan bahkan petani kurang mendapat perhatian pemerintah yang dimana hasil pertaniannya merupakan barang yang nilai jualnya rendah. Pada saat ini harga jual gabah panen basah untuk 1 kuintal mencapai Rp 250.000 dan bahkan bisa kurang dari harga itu tergantung dari pembeli dan ini merupakan masalah yang sangat sulit untuk di selesaikan. Walaupun sedemikian parahnya harga gabah panen basah, itu tidak menjadikan petani untuk tidak menjual gabahnya karena biaya produksi diperoleh dari hasil produksi sehingga untuk dapat melanjutkan aktivitas pertanian kembali petani harus menjual hasil produksinya.

Idris menyatakan bahwa bertani merupakan suatu pekerjaan yang sangatlah berat dimana tiada hari tanpa kesawah dan bagaimanapun permasalahan yang dihadapi petani pada tanamannya harus diselesaikan sendiri oleh karena itu dengan melihat kerja keras dari petani dalam bertani nilai harga panen hasil pertanian sangatlah rendah, tetapi sebagai seorang petani waktu kerja dalam bertani tidak termasuk biaya yang di hargakan karena untuk dapat memenuhi keburtuhan sehari-hari hanya dari bertani sehingga dengan bagaimanapun petani harus menjalaninya dengan penuh semangat.

Disamping itu juga yang menjadi masalah besar bagi petani adalah pada saat harga beras yang sangat tinggi menyebabkan petani merasakan kegelisahan dimana harga gabah yang di jual tidak sesuai dengan harga bers yang diterima petani, sehingga alternatif petani untuk dapat membeli beras petani harus membeli beras yang kualitasnya rendah dan harga rendah.

Dengan melihat keadaan petani saat ini pemerintah setempat harus cepat respon dan tanggap terhadap permasalahan petani dimana kesejahtraan petani harus diperhatikan dengan serius karena tanpa petani kekurangan dari kebutuhan akan beras tidak akan pernah tercapai. Kerja keras petani dalam membantu pemerintah memenuhi kekurangan beras harus diberikan penghargaan yang tinggi karena petani mampu memberikan sumbangan terhadap negara untuk mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat indonesia. One

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Komentar

SUPPORTING SITES

 

Popular Posts

Popular Posts this month

Popular Posts this week