Sabtu, 21 Januari 2012

PETERNAKANMEMBAWABERKAH




<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE

Dasan baru merupakan suatu dusun yang berada di desa murbaya dan berada pada daerah yang sangat subur dan mempunyai sumber air yang sangat banyak salah satunya adalah sungai yang mengelilingi dusun tersebut dan gubuk tersebut penduduknya berjumlah kurang lebih 400 kk pada tahun 2009.

Masyarakat dasan baru merupakan masyarakat yang 90 % bermata pencahariannya dari bertani dan beternak, baik itu beternak unggas ataupun ternak besar sapi dan selebihnya bermatapencaharian sebagai pegawai dan pengusaha. dusun tersebut sekarang bisa dikatakan sebagai lumbung pangan untuk desa murbaya dan sekitarnya karena di dusun tersebut terdapat berbagai macam sumber pertanian dan peternakan diantaranya:

a. Peternakan

Dasan baru memiliki peternakan sapi yang banyaknya kurang lebih 60 ekor sapi yang di pelihara oleh sebagian masyarakat, peternakan sapi ini mulai dari tahun 2009 sampai sekarang dan memberikan perubahan yang sangat nyata terhadap keadaan ekonomi masyarakat hal ini terlihat dengan semakin berkembangnya populasi sapi yang ada di kelompok tersebut dan rata-rata para peternak tersebut sudah memiliki anak sapi yang bisa di jual untuk keperluan keluarganya. Disamping itu perubahan yang sangat nyata juga terlihat dari segi ekonomi keluarganya yang rata-rata setiap peternak mampu memenuhi kebutuhan anaknya membiayai sekolah. Berdasarkan data kami dari remaja masjid nurul islam dasan baru Sampai saat ini didusun kami tidak ada anak yang putus sekolah pendidikan terendah didusun kami yaitu sekolah menengah umum(SMU). Disamping itu di dusun dasan baru juga terdapat berbagai macam unggas yang dipelihara oleh masyarakat diantaranya ayam petelur, pedaging.

Peternakan unggas ini sudah sangat maju dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat diantaranya : dulu masyarakat dusun tersebut sangat jarang mengkonsumsi telur dan daging akan tetapi kalau sekarang telur sudah menjadi menu sehari-hari masyarakat dasan baru dan telur bukan menjadi makanan yang special tetapi menjadi makanan yang setiap saat.

b. Pertanian

Dasan baru terdapat sumber pertanian yang sangat banyak berupa padi,palawija dan buah naga. Akan tetapi sumber pertanian yang paling populer adalah buah naga. Buah naga tersebut disamping memilki rasa yang enak juga memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan. Buah naga tersebut di pasarkan sampai keluar kabupaten bahkan sampai kepasar induk yang ada di sweta cakranegara. Buah naga tersebut memberikan pekerjaan baru bagi masyarakat.

Dari kedua sumber bahan pangan yang dimiliki oleh dusun dasan baru memiliki yang memiliki dampak yang paling nyata adalah peternakan unggas terutama ungggas petelur dimana pada tahun-tahun sebelumnya masyarakat dasan baru yang memiliki ekonomi dibawah rata-rata baginya mengkonsumsi telur merupakan menu yang sangat mewah, akan tetapi setelah adanya peternakan tersebut telur dijadikan menu setiap saat. Banyak persepsi bahwa di Lombok tengah terdapat banyak anak yang mempunyai gizi buruk, akan tetapi khusus kami yang didusun dasan baru menyangkal keras persepsi tersebut. Di dusun dasan baru tidak ada warga yang mempunyai gizi buruk

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Komentar

SUPPORTING SITES

 

Popular Posts

Popular Posts this month

Popular Posts this week