Rabu, 30 November 2011

HARGA TERNAK SAPI MULAI MEMBAIK



Harga ternak sapi yang telah lama menjadi permasalahan petani ternak sudah mulai membaik walaupun masih belum maksimal. Normalnya harga ternak saat ini memberikan peluang bagi petani ternak untuk lebih maju dalam meningkatkan usaha peternakan.

Dari tahun 2005 harga ternak sudah mulai menurun dan pada tahun 2009 harga ternak menjadi lebih parah karena tingkat harga jual ternak sangat rendah dan bahkan pada saat itu dapat membuat peternak berhenti sementara untuk menjalankan usaha peternakan karena kerugian yang di peroleh cukup tinggi. Dengan harga ternak yang telah lama menjadi permasalahan petani ternak kini telah mulai membaik secara bertahap dan membuat petani kembali aktif untuk menjalankan usaha peternakan.

Rabu (29/11). Dasan baru merupakan dusun yang memiliki jumlah populasi ternak yang cukup banyak dan kini peternaknya telah mulai menunjukkan semangatnya untuk menjalankan usaha peternakan yang telah lama meredup. Hal ini dipengaruhi oleh harga ternak saat ini sudah mulai meningkat. Rahman menjelaskan seandainya peternak yang ada di kelompok ini merupakan peternak pemula mungkin tidak akan bertahan sampai saat ini, tetapi untungnya peternak yang ada di kelompok merupakan peternak yang sudah lama bergelut di usaha ternak sapi dan bahkan tanpa beternak hidupnya terasa kurang nyaman, sehingga peternak di kelompok sampai saat ini masih bertahan walaupun disaat harga ternak rendah dan menjalankannya dengan setengah hati.

Dengan meningktnya harga ternak saat ini membuat petani ternak lebih tersenyum dan lebih semangat dalam meningkatkan hasil peternakannya lanjut” rahman”. Usaha ternak sapi merupakan usaha yang sangat memasyarakat bagi rakyat kalangan bawah, dimana peternakan ini merupakan usaha yang dijadikan sebagai tabungan bagi masyarakat petani ternak, dengan beternak petani dapat memperoleh apa yang diinginkan. Seperti semboyan yang sering di ungkapkan orang sasak “ sampi sampe” maksudnya dengan memelihara ternak sapi apa yang di inginkan dapat terwujud.

Dari semboyan yang sering di ucapkan masyarakat sasak “ sampi sampe” ini, seharusnya pemerintah harus cepat turun tangan dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam usaha peternakan rakyat, dimana dari semboyan ini dapat kita lihat bahwa kesejahtraan petani ternak dapat di atasi melalui peternakan. Terutama dalam bidang pemasaran ternak dimana dengan harga ternak yang normal akan memberikan semangat yang tinggi bagi masyarakat petani ternak.

Tidak hanya dalam bidang pemasaran yang perlu di perhatikan pemerintah semua bidang yang berkaitan dengan peningkatan hasil produksi dari peternakan agar hasil yang di peroleh petani ternak lebih maksimal disamping itu juga dengan memperhatikan semua faktor pendukung dalam meningkatkan hasil produksi kualitas ternak dan daging yang di hasilkan juga akan lebih baik sehingga menguntungkan semua pihak baik yang mengkonsumsi atau yang memproduksi tegas peternak. One

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Komentar

SUPPORTING SITES

 

Popular Posts

Popular Posts this month

Popular Posts this week