Sabtu, 26 November 2011

LIMBAH TONG MAS MENCEMARI PEMUKIMAN dan AREAL PERTANIAN


Keberadaan tong mas membuat masyarakat resah karena danpak yang ditimbulkan sangat besar kepada lingkungan. Bahan kimia yang digunakan merupakan bahan kimia yang tidak tidak terurai seperti air raksa, mercury dan bahan kimia ini akan mengendap kedalam tanah dan mengontaminasi tanaman petani.

Dengan keberadaan tong mas yang terletak di dekat persawahan dan pemukiman di dusun bertais Desa Murbaya membuat hasil produksi pertanian menjadi rendah dan bahkan bisa membuat tanaman tidak berproduksi. Tidak hanya itu danpak dari keberadaan tong mas tersebut membuat pengguna jalan terganggu dimana limbah tong menggenagi ruas tubuh jalan, walaupun demikian tindakan dari pemilik tong untuk penanganan limbahnya yang menggenagi ruas tubuh jalan masih belum ada dan malah membiarkan air limbah tersebut mengalir sepanjang aliran sungai yang menuju pemukiman dusun bertais. Setelah berbulan-bulan air limbah dibiarkan mengalir tidak lama penyakit gatal-gatal menjangkiti sebagian masyarakat namun Dengan keterbatasan pengetahuan tentang danpak dari limbah tong membuat masyarakat dusun bertais terdiam tanpa ada komentar. Salah satu mahasiswa pertanian menjelaskan kepada KM bahwa danpak dari limbah mas yang mengalir ke dusun bertais sudah mulai terlihat dimana penyakit gatal-gatal sudah mulai bermunculan namun mereka belum mengetahui penyebabnya. Jika tong mas ini tidak segera di non aktifkan makan akan bermunculan masalah yang lebih besar yang berdanpak pada kesehatan masyarakat.

Yang menjadi sasaran utama dari limbah tong mas ini adalah lahan pertanian dimana lahan pertanian yang berada didekat tong sudah tidak beroprasi lagi diaman kualitas tanahnya sudah tidal lagi layak untuk ditanami disamping itu juga hasil yang di peroleh tidak sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Oleh karena itu petani yang memiliki lahn persawahan yang saluran irigasinya dekat tong panik karena danpak dari limbah tersebut sangat besar terhadap pertanian selain membuat tanaman tidak berproduksi limbah ini juga membuat unsur hara tanah menjadi rendah.

Walaupun demikian besar masalah yang ditimbulkan oleh limbah tong mas ini pemerintah setempat belum ada tindakan sehingga sampai sekarang tong tersebut berjalan sepeti biasanya. Jika pemerintah tidak secepatnya menyikapi masalah ini maka akan bemberikan danpak yang lebih besar dimana limbahnya semakin hari semakin menumpuk apalagi sekarang ini musim hujan sudah mulai berjatuhan maka akan semakin cepat penyebarannya dan tidak hanya mencemari dusun bertais namun dusun-dusun yang lain juga akan tercemar. One

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Komentar

SUPPORTING SITES

 

Popular Posts

Popular Posts this month

Popular Posts this week